Rising Creative Indonesia - MPPO i2

KEGIATAN 1
Shared Learning MPPO Jilid II
Dari Ide Kreatif Menuju Indonesia Kreatif: Bagaimana Mendesain Organisasi Kreatif ?
Jumat, 9 April 2010 - 13.30 – 22.30 WIB
Tempat : Gramedia Expo Surabaya


Format Acara
Acara ini akan mengimprovisasi keberhasilan Shared Learning MPPO Jilid I, dengan mensintesakan metode Accelerated Learning dan World Cafe Conversation. Kedua teknologi partisipatif yang inovatif ini dimaksudkan agar partisipan dapat berpartisipasi penuh sebagai sumber pembelaran dan pembelajar.
Kami menyebut teknologi ini sebagai thematic partisipative seminar. Sebuah seminar yang memberdayakan partisipan untuk aktif mengkombinasikan inspirasi dari dirinya dengan inspirasi dari narasumber sehingga melahirkan ide-ide baru yang berbeda. Teknologi yang mengubah cara kita belajar menjadi menyenangkan, massif dan penuh gelora energi kreatif.
Setiap sumber kreativitas (narasumber) mendapat alokasi waktu tepat 30 menit untuk merefleksikan inspirasi utama yang mereka dapatkan dalam menempuh perjalanan meretas karya kreatif mereka. Pidato mereka akan dilakukan di panggung sharing yang menjadi titik perhatian utama dalam arena acara ini. Setelah 2 sumber kreativitas menyampaikan pidato mereka maka fasilitator SL MPPO akan memfasilitasi proses mengkreasikan pengetahuan luar biasa.


Susunan Acara
Waktu
Sesi-Sumber Kreativitas
15.00 – 15.30
Pembukaan: Rektor Universitas Airlangga
15.30 – 17.30
Sharing Praktek-Praktek Kreatif di Indonesia
1. Singgih Susilo Kartono (www.magno-design.com)
2. Mira Lesmana (Laskar Pelangi) (http://id.wikipedia.org/wiki/Mira_Lesmana)
Fasilitasi Mengkreasikan model praktek kreatif dalam keseharian
17.30 – 19.00
Break
19.00 – 21.00
Sharing Kepemimpinan dalam Mendesain Organisasi Kreatif
1. Anis Bawesdan (http://en.wikipedia.org/wiki/Anies_Baswedan)
2. Dr. Seger Handoyo
Fasilitasi Mengkreasikan Kepemimpinan dalam Mendesain Organisasi Kreatif
21.00 – 22.30
Membangkitkan multi kekuatan Indonesia Kreatif
1. Dynand Faris (http://www.jemberfashioncarnaval.com/)
2. Menteri Perdagangan (Penggagas rencana pengembangan ekonomi kreatif Indonesia 2025)
22.30 – 23.00
Review Bagaimana mendesain organisasi kreatif?
Closing


SL MPPO Jilid II didesain agar dapat dinikmati seluas mungkin publik yang menjadi kekuatan Indonesia Kreatif. Oleh karena itu, SL MPPO Jilid II memilih tempat tempat publik yang dapat diakses publik dalam jumlah massal dan strategi tarif yang menyediakan pilihan keterlibatan secara cuma-cuma.


Paket Keterlibatan
1. freeman
Free atau cuma-cuma, peserta dapat tempat duduk nyaman-tentatif, peserta dapat bebas membeli makanan dan minuman di lokasi. Peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu
Kuota: 500 kursi
2. smartman
Rp. 150.000,-, peserta dapat tempat duduk eksklusif sepanjang acara, mendapat voucher konsumsi sebesar Rp. 50.000,-
Kuota: 250 kursi
3. X-man
Rp. 350.000,-, peserta dapat tempat duduk eksklusif sepanjang acara, mendapat voucher makanan/minuman sebesar Rp. 50.000,-, mendapat materi acara dalam bentuk flashdisk 2G senilai Rp. 250.000,-
Kuota: 200 kursi
4. my-man
Free. Mendapat undangan khusus dari program studi MPPO. Fasilitas yang didapatkan X-man
Kuota: 50 kursi


Partisipan bisa mendapatkan secara terpisah
1. Materi – Presentasi dalam bentuk flashdisk 2G: Rp. 250.000,-/buah
2. Foto dan Video dalam bentuk DVD eksklusif durasi 3 - 4 jam: Rp. 500.000,- /buah


KEGIATAN 2
IndiPreneurship Festival


indiPreneurship Festival terdiri dari serangkaian kegiatan yang menjadi suatu kesatuan tatapi dapat juga berdiri sendiri. Aktivitas-aktivitas itu adalah:


1. indipreneurship Competition
Ajang tahunan bagi kaum kreatif muda Indonesia mendapatkan apresiasi luas atas karya-karya kreatif mereka dari segenap masyarakat Indonesia maupun dunia. Karya yang tampil di ajang ini harus memenuhi kriteria kreatif sekaligus kriteria bisnis. Kaum kreatif muda yang ikut dalam kompetisi dapat mengikuti indinPreneurship Workshop secara cuma-cuma.


Tujuan:
Adanya apresiasi yang luas atas karya-karya yang kreatif sekaligus layak dari sudut pandang bisnis
Adanya peluang-peluang bisnis kreatif baru yang dapat berdampak positif pada masyarakat Indonesia


Waktu:
Rentang Pelaksanaan : Maret - Desember 2010
Promosi Terbuka : 21 Maret 2010
Pendaftaran : 24 Maret - 14 April 2010


2. indipreneurship Workshop
Ajang bagi kaum kreatif muda belajar membangkitkan kapasitas kreatif tak terbatas melalui penyatuan antara kemampuan teknologi (high tech) dengan kemampuan keindahan artistik (hich concept) dan kepekaan emosional (hich touch).


Tujuan:
Adanya ajang yang memungkinkan kaum kreatif muda belajar menciptakan karya kreatif
Adanya karya-karya yang kreatif sekaligus layak dari sudut pandang bisnis
Adanya peluang-peluang bisnis kreatif baru yang dapat berdampak positif pada masyarakat Indonesia


Waktu:
Angkatan 1 : 29 - 30 April, 1 - 2 Mei 2010
Angkatan 2 : 6 - 9 Mei 2010
Angkatan 3 : 20 - 23 Mei 2010
Angkatan 4 : 27 - 30 Mei 2010


3. indiPreneurship Festival
Ajang tahunan bagi kaum kreatif muda Indonesia mengekspresikan karya kreatif mereka baik yang menjadi bagian kompetisi maupun karya kreatif lepas.


Tujuan:
Adanya ruang perjumpaan multipihak dalam ekonomi kreatif yang memberbincangkan karya dan peluang kreatif
Adanya ruang ekspresi bagi kaum kreatif muda Indonesia untuk menampilkan karya kreatif mereka


Waktu:
Penyerahan Karya Kreatif : 15 Oktober 2010
Penjurian Karya Kreatif : 25 Oktober 2010
Pengumuman Finalis : 1 Nopember 2010
Presentasi Finalis : 9 - 10 Desember 2010
Pagelaran : 9 - 11 Desember 2010




Kategori Indipreneursip Festival


1. Social indiPreneurship
Output:
Prototipe Karya berbasis teknologi menengah
Teknologi yang meningkatkan kualitas hidup dan/atau produktivitas masyarakat/komunitas sekaligus teknologi yang bisa di produksi sendiri oleh masyarakat. Setiap prototipe disertai kertas kerja yang menjelaskan fokus problem, tujuan dan dampak karya terhadap proses-proses dan kualitas hidup masyarakat.


Modul Teknik Pembuatan Karya berbasis Teknologi menengah
Modul yang menjelaskan mengenai materi, tata langkah dan perkiraan biaya secara rinci, jelas dan visual. Dengan adanya modul ini maka masyarakat bisa melakukan produksi sendiri atas karya ini.


Aktivitas:
Pemetaan inti positif masyarakat
Identifikasi teori perubahan masyarakat
Desain prototipe
Ujicoba prototipe
Pengembangan prototipe
Penyusunan modul
Demonstrasi Pembuatan (pre festival)


2. Business indiPreneurship
Output:
Prototipe Karya Kreatif
Karya yang mempunyai nilai inovasi (keunikan), nilai tambah dan nilai guna kepada masyarakat sehingga menciptakan peluang bisnis baru


Brand
Adanya nama unik dan kuat yang melukiskan keunggulan karya kreatif dan menjadi penanda dalam dunia bisnis


Rencana Bisnis
Adanya sebuah analisis dan rencana pendirian bisnis karya kreatif yang mampu menunjukkan nilai ekonomis kepada lembaga keuangan atau investor


Segmen Partisipan
"The Rising of Indonesia Creative" didesain agar dapat dinikmati seluas mungkin publik yang menjadi kekuatan Indonesia Kreatif. Oleh karena itu, "The Rising of Indonesia Creative" memilih tempat tempat publik yang dapat diakses publik dalam jumlah massal dan strategi tarif yang menyediakan pilihan keterlibatan secara cuma-cuma. Karakteristik partisipan yang dibidik dapat dibagi menjadi 2 kategori:


Kreator Muda:
Orang-orang muda yang berkarya di industri kreatif atau bidang kerja lainnya dan mengusung kreativitas di tempat kerjanya
Usia 25 – 45 tahun
Kelas Sosial Ekonomi B - A+
Berpendidikan minimal S1
Kecenderungan menjadi inovator di komunitas atau lingkungan kerjanya


Manajer Muda:
Orang-orang muda yang memimpin dan mengelola rekan kerjanya yang membutuhkan energi kreatif untuk melejitkan kapasitas terbaik manusia
Usia 25 – 45 tahun
Kelas Sosial Ekonomi B - A+
Berpendidikan minimal S1
Mempunyai kapasitas mempengaruhi iklim kerja di organisasi kerjanya


Pemuda Kreatif:
Pelajar dan Mahasiswa yang sedang membangun impian profesi masa depan yang haus akan alternatif-alternatif baru dalam menjalani kehidupan
Usia 17 – 22 tahun
Kelas Sosial Ekonomi C - B+
Berpendidikan SLTA
Mempunyai daya serap luar biasa akan energi kreatif
0 Responses

Posting Komentar

  • "Crazy" Zone Follower

    "Crazy" Zone Chat


    ShoutMix chat widget