Muda Beda Berbahaya !!!

Muda, Beda dan Berbahaya*
Diposting oleh: Erfano Nalakiano pada Exciting Learning

Di buku Filosofi Kopi milik Dewi Dee Lestari ada satu essay yang membuat saya terkenang sampai sekarang. Judulnya Salju.

Membaca Salju begitu banyak pesan yang disampaikan. Inti dari essay Salju adalah beda yang menginspirasi. Bagaimana saat di gurun yang begitu panas dan gersang. Kita dihadapkan pada situasi di mana kita ingin menjadi apa. Ingin menjadi butir pasir, oh begitu banyak butir pasir yang ada. Ingin menjadi kaktus, oh banyak sekali kaktus yang tersebar. Lalu ingin menjadi oase? Ternyata masih ada oase-oase lain . Lalu mengapa tidak menjadi salju? Beda namun menyejukkan…

Terasa aneh bukan? Memang ada salju di tengah gurun? Namun jika ingin berbeda, kenapa tidak mungkin itu terjadi? Toh tidak ada yang tidak mungkin.

Muda: Persepsi orang tentang muda itu berbeda-beda. Contoh, jika di jaman kuliah umur 30 tahun itu sudah cukup tua. Karena rata-rata usia fresh masuk kuliah adalah 18 tahun. Contoh lain, usia 35 tahun untuk wanita adalah usia yang cukup tua untuk menikah. Rata-rata wanita menikah adalah usia 25 tahun. Namun persepsi muda itu berbeda-beda tentunya, tergantung situasi kasus yang dihadapi.

Beda: seperti essay Salju di atas. Beda yang dimiliki seorang juga dikarenakan situasi, lokasi dan ambisi. Tata rambut, fashion dapat menjadi sesuatu yang beda. Pemikiran, hobby, buku, film, aliran musik dapat menjadi sesuatu yang beda pula. Namun mesti diingat! Beda bukan berarti menjadi pribadi yang aneh dan nyeleneh. Beda di sini adalah beda yang menginspirasi diri sendiri dan orang lain.

Berbahaya: Bagaimana jika bunyi alarm tanda bahaya terdengar? Semua orang pasti akan kocar-kacir. Atau berkumpul di suatu tempat untuk menghindari bahaya yang ada. Namun ‘berbahaya’ di sini adalah menjadi pusat perhatian. Tentu saja karena beda yang kita punyai itu!

Lalu menjadi muda, beda dan berbahaya. Why not? Tak perlu menjadikan sesuatu alasan untuk tidak bisa tampil beda selagi muda. Ingat alasan-alasan itu akan mempersulit kamu untuk menjadi beda. Keluarlah dari seabrek kotak alasan itu. Mulailah untuk menjadi beda.

Namun hati-hati, muda sih oke! Beda tapi kok aneh ya! Jadinya berbahaya negatif! Contoh kasusnya banyak banget, tawuran, menggunakan narkoba, dan sex bebas. Ujung-ujungnya membahayakan diri sendiri bahkan orang lain juga!

So….so…so! Masih muda kan? Bingung mencari sesuatu yang beda. Terus berkreasi, berimajinasi dan berinovasi. Jika sudah, kamu pasti akan temukan sesuatu yang beda. Lalu, saat muda dan sudah beda, mulailah kamu ‘berbahaya’. Orang-orang akan bertepuk tangan tanpa melihatmu sebelah mata. Lalu masing-masing dari mereka akan mengucapkan “Selamat! Kamu telah menjadi inspirasi!”

*lirik lagu Jika Kita Bersama milik Superman Is Dead dan Shaggy Dog!

Sumber
serujadiguru.blogdetik.com
http://serujadiguru.blogdetik.com/2009/07/04/muda-beda-dan-berbahaya/
0 Responses

Posting Komentar

  • "Crazy" Zone Follower

    "Crazy" Zone Chat


    ShoutMix chat widget